What I use to build my child’s immune system (Apa yang saya gunakan untuk menunjang sistem imunitas anak saya)

Anak saya, 4 tahun, boleh dibilang hampir tidak pernah ke dokter. Dan dalam 3 tahun terakhir tidak pernah makan atau minum obat dokter. Saya mengandalkan Young Living untuk menunjang sistem pencernaan, pernafasan, imunitas dan organ-organ lain ketika dia sakit. Dan saya bersyukur, jika dia demam, tidak lebih dari 40C dan jarang lebih dari 24 jam. Oil-oil yang saya pakai untuk menunjang sistem pencernaan dan pernafasan ada di video saya di link ini. https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/04/29/videos-about-how-to-use-young-living-products/

Saya juga barusan berbagi pengalaman soal mengatasi demam anak saya baru-baru ini https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/09/02/fever-demam/

Tetapi yang paling penting adalah ketika dia masih 7 bulan, saya rajin memakaikan oil-oil setiap hari selama hampir 1 tahun. Awal-awal hanya 3-4 oil, dan lama2 menjadi total 9 oil. Setelah 1 tahun, saya merasa sudah cukup dan hanya mengoleskan jika dirasa perlu (sebelum ke sekolah, ketika bermain seharian – alias capek, sesudah sekolah, beberapa hari sesudah dia sembuh dari sakit, etc). Ini daftar oil-oil yang saya pakaikan ke anak saya sejak dia 7 bulan. Nomor 1 adalah oil-oil awal dan selanjutnya saya tambahkan ketika saya menambah koleksi saya 🙂

img_00000379

  1. Lavender essential oil – untuk kesehatan rambut, tenang tidur, rileks dan juga menunjang sistem saraf. https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/08/23/tips-untuk-rambut-sehat-dan-kuat-tips-for-healthy-hair-to-combat-hairloss/
  2. Thieves essential oil – menunjang imunitas, menunjang sistem adrenal dan pencernaan
  3. DiGize essential oil – menunjang sistem pencernaan, menghangatkan perut (pengganti minyak telon)
  4. Frankincense essential oil – menunjang sistem imunitas, menunjang sistem pernafasan, menunjang kelenjar pituitary dan pineal
  5. RC essential oil – menunjang sistem pernafasan, menghangatkan dada dan punggung (pengganti minyak telon)
  6. Valor essential oil – menunjang sistem imunitas, menunjang sistem pernafasan, menunjang sistem pencernaan, meningkatkan kepercayaan diri (lagi belajar ngomong dan berjalan), menenangkan dan meyakinkan akan kehadiran saya (Saya menyapih dengan menggunakan lavender dan valor terus-terusan selama proses sapih)
  7. Myrtle essential oil – menunjang sistem pernafasan dan tiroid
  8. Helichrysum essential oil – menetralisir logam berat di badan, menunjang sistem saraf, menunjang fungsi jantung dan hati
  9. Immupower essential oil – menunjang imunitas.

Saya menggunakan oil-oil semua ini minimal sehari 1x dan jumlah minimal (hanya colek saja). Dari 9 oil, 4 diantaranya yang orang-orang sering berbagi kalau dioleskan langsung akan kerasa panas (Thieves, RC, DiGize, Immupower) karena itu saya sarankan, selalu sediakan dan pakai minyak pengencer seperti V6 Young Living, virgin coconut oil, sweet almond oil, jojoba, atau yang lainnya sebelum pemakaian oil-oil diatas (termasuk yang bukan kategori ‘panas’) karena jumlah oil yang dipakai lumayan banyak. Perhatikan respons tubuh anak. Perbanyak intake cairan.

Menurut saya, sangat penting untuk membangun imunitas sejak awal karena sistem Thymus hanya bekerja sampai puberti. Dan sistem pencernaan menunjang 80% dari sistem imunitas.

Sejak anak saya 2 tahun, saya mulai memperkenalkan suplemen dan menurut saya itu sangat penting karena makanan disaat ini sudah banyak berkurang gizinya. Makanya sering terjadi kasus alergi (karena badan kekurangan mineral tertentu) dan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan. Bagian suplemen akan saya bahas di post berikutnya. Boleh dibilang, anak saya termasuk yang jarang demam jika sedang batuk pilek dan rasa tidak nyamannya tidak lama.

Jika suka dengan artikel ini dan ingin kontak langsung dengan saya, bisa kirim japri disini atau email ke deny.sentosa@gmail.com atau whatsapp di +62 821-7734-4515 atau IG deny.sentosa
Ingin bergabung menjadi anggota dan juga komunitas ONE DROP, silakan klik  disini:)Keanggotaan YL secara jelas bisa baca di link berikut. Saya akan memberikan dukungan penuh dalam perjalananmu memakai Young Living 🙂

ENGLISH

My girl, 4 years old, seldom visits doctor. In the past 3 years, she never takes doctor’s medicine. I just brought her to doctor ONCE in the past 3 years for diagnosis because I was unsure that time. It turned out doctor said constipation but she’s having stomach flu. Probably because she did not have fever when she was in doctor’s office. After returning from the clinic, she’s having diarrhea and also vomiting episode. What a day. Fortunately, she recovered in 24 hours and was able to eat with no issue.

When she’s having fever, she rarely goes more than 40C. I have to standby at night to make sure her temperature does not go above that. And thankfully, she normally recovers within 24 hours. I have explained some of the oils that I use to support digestive and respiratory health.

https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/06/30/my-favorite-choice-for-digestive-health/

https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/06/21/my-favorite-choices-for-respiratory-support/

and I just shared about how to support her health during fever episode  https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/09/02/fever-demam/

But to me, the most important is to support those systems when she was young. Thymus gland, the gland that produces white blood cells to fight pathogens, is active only until puberty.

I used many oils on her since she’s 7 mths old. At first I only used like 3-4 oils but when my collection grew, I added few others that I thought would be useful on her. Total were 9 oils. After 1 year of continuous using, I stopped with the routine but still use oils as and when necessary. For example, when she’s going to school, when she returns from school, when she has played for almost whole day, i.e. tired, or when she’s recovering from sickness. 

Below are the oils I used on her when she’s 7 mth old. Please note that number 1 is the earliest I used on her while number 9 is the latest addition with growing collection of oils I have. 

img_00000379

  1. Lavender essential oil – For healthy hair, good night sleep, relaxation, nervous system support. I use this oil together with valor to wean her off breastmilk. https://greathealthstartsfromnow.wordpress.com/2016/08/23/tips-untuk-rambut-sehat-dan-kuat-tips-for-healthy-hair-to-combat-hairloss/
  2. Thieves essential oil – Supports imunity, adrenal gland, and digestive
  3. DiGize essential oil – Supports digestive system 
  4. Frankincense essential oil – Supports immunity, respiratory, pituitary and pineal glands. 
  5. RC essential oil – Supports respiratory system 
  6. Valor essential oil – Supports immunity, respiratory, digestive systems, boosts self-confidence (she’s learning to talk and walk), calms and assures her of my presence – because I was weaning her off breastmilk. 
  7. Myrtle essential oil – Supports respiratory and thyroid systems
  8. Helichrysum essential oil – Netralizes heavy metal in body, supports nervous, cardiovascular and liver health. 
  9. Immupower essential oil – Supports immunity.

I used these oils at least once a day and minimal amount (please dilute if necessary!). Please prepare carrier oils such as V6 Young Living, virgin coconut oil, sweet almond oil, jojoba oil, or others and apply that carrier oil before application of these essential oils. For details how to use, please refer to safety guidelines here.

Pay attention to child’s response and increase liquid intake. 

I think it’s very important to build immune and digestive health early. Digestive system supports 80% of immune system. 

Since she’s 2 years old, I introduced supplements slowly to her. Supplements are important because our food nowadays has less nutrients than 100 years ago. That’s why we often hear about allergy and other unwanted symptoms. I will discuss about supplements in my next post. I am glad that she seldom feels discomfort when she’s sick (like blocked nose when she’s sleeping or few days fever or other discomfort). 

If you like my articles and would like to purchase the Young Living oils or have further clarifications, please drop me a message here or email me at deny.sentosa@gmail.com

If you are ready to sign up as member to purchase, you can click here:) I would love to support you in using the oils for yourself and your loved ones

Leave a Reply

