Blocked Tear Ducts / Kelenjar Air Mata Tersumbat

ENGLISH

One fine morning, I noticed my girl’s left upper lid was different than usual. It was slightly red w small lump.

I know it’s blocked tear ducts but I thought it was not serious so I just massage w Lavender (book mentioned it would help) and rotating with Frankincense and Helichrysum.

Helichrysum is normally great when you have respiratory symptoms and want to keep that circulation around eyes clear and smooth. It prevents eyes to get swollen due to the accumulation of liquid that can’t be discharged properly.

However, it has been more than a week and there was no sign of the blockage clearing up. So, I started to get more anxious especially my husband started to notice (you know men seldom notice thos kind of thing until it is obvious?)

Alert sign was in my head and it was time to get serious.

My friend, Lidya Susanto gave timely reminder in the group chat. Hot compress! Of course can’t be HOT as in hot water. I kept at 36 degrees (and my girl already complained hot >.>), soak towel inside the water, squeeze and put 1 drop of Wild Lavender eo (intended to put 1, ended with 2) and did compress on her left eyelid. After 1 minute I took off the compress and within seconds, eyesh*t came out. Quite a lot! It’s crust form

And immediately, eye lid became less lumpy. It was still there and discharge was slowly released.

I did several compress in the next few days with applying Exodus II on her feet to help keeping her immune, digestive, circulation at tip top conditions because these can trigger blocked tear ducts. I alternate compress between Frankincense, Helichrysum and Wild Lavender.

Today, I am happy to announce that both eyelids are back to its original. No operation needed (however small the operation is, I just want to try to avoid)

If you like my articles and would like to purchase the Young Living oils or have further clarifications, please drop me a message here or email me at deny.sentosa@gmail.com

If you are ready to sign up as member to purchase, you can click here:) I would love to support you in using the oils for yourself and your loved ones

blocked-tear-ducts

INDONESIAN

Di suatu pagi, saya lihat kok kelopak mata kiri anak saya beda dari biasanya. Agak merah dan ada benjolan. 

Saya perkirakan itu karena sumbatan kelenjar air mata tapi saya pikir, “ah, besok-besok juga hilang,” jadi saya hanya urut ringan melingkar di sekitar kelopak mata dengan Lavender (buku pedoman menyebutkan oil ini bisa membantu dan dulu sudah terbukti) bergantian dengan Frankincense dan Helichrysum.

Helichrysum adalah oil yang sangat berguna untuk membantu sirkulasi dan mencegah terjadinya sumbatan sekitar mata ketika ingin menunjang sistem pernafasan yang sehat. Oil ini mencegah mata bengkak karena akumulasi cairan di kelenjar air mata yang tidak bisa dikeluarkan dengan baik. 

Tetapi waktu berjalan sudah lebih dari 1 minggu dan tidak ada hasil yang significant untuk kelopak mata kirinya. Mulailah saya merasa dag dig dug apalagi suami saya sudah komen, “matanya bengkak ya.” (Tahu sendiri kan, kalo cowo sudah menyadari yang salah, berarti udah jelas banget donk). Saya mulai serius berpikir. 

Untungnya disaat bersamaan, teman saya, Lidya Susanto, mengingatkan akan cara kompres di groupchat. Wah, saya pikir, tidak ada salahnya saya coba kompres air hangat. 36 derajat saja anak saya sudah bilang “panas, Ma. Sebentar saja ya.”

Saya rendam handuk kecil di air hangat, peras, meneteskan 1 tetes Wild Lavender (niatnya sih 1 tetes, tapi karena lubang Wild Lavender gede, ya kena 2 tetes deh. Jadilah ruangan semerbak wangi Wild Lavender) dan kompres di mata kirinya sambil dia berbaring. Setelah 1 menit, saya lepas kompresnya dan dalam hitungan detik, kotoran matanya jadi banyak. Benar-benar keluar dari tempat yang tersumbat tadi. Dan bentuknya kering loh. Saya pikir kan bakal basah. Ternyata karena telah tersimpan lama, jadi kerak yang keluar. 

Dan matanya dari satu kecil satu gede, jadi hampir balik normal. Pelan-pelan, kotoran matanya keluar sedikit demi sedikit setelah kejadian awal yang kerak. 

Saya lakukan kompres 1-2x dalam sehari selama 2-3 hari dengan menggunakan Frankincense, Helichrysum atau Wild Lavender dan juga mengoleskan Exodus II di telapak kakinya untuk menunjang kesehatan imunitas, pencernaan, dan pernafasan karena kondisi yang tidak optimum bisa menyebabkan sumbatan lagi.  

Dan hari ini, mata anak saya kembali normal setelah hampir 2 minggu kerasa benjolan di kelopak mata kiri. Tidak perlu operasi lagi (meski dianggap operasi kecil, kalau bisa, saya ingin hindari) 

Jika suka dengan artikel ini dan ingin kontak langsung dengan saya, bisa kirim japri disini atau email ke deny.sentosa@gmail.com atau whatsapp di +62 821-7734-4515 atau IG deny.sentosa
Ingin bergabung menjadi anggota dan juga komunitas ONE DROP, silakan klik  disini:)Keanggotaan YL secara jelas bisa baca di link berikut. Saya akan memberikan dukungan penuh dalam perjalananmu memakai Young Living 🙂
Leave a Reply

